Ini Cara Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Tampil di Page One Google

Ini Cara Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Tampil di Page One Google

Cara menulis artikel SEO friendly

Membuat tulisan yang mampu menarik banyak pembaca merupakan harapan bagi sebagian besar penulis. Namun untuk mewujudkannya, diperlukan trik agar suatu tulisan atau artikel, dapat ditelusuri dengan mudah pada mesin pencarian Google. Praktik ini juga terkadang disebut artikel Search Engine Optimization (SEO) friendly atau ramah SEO. 

 

Artikel yang SEO friendly akan lebih mudah dilacak oleh Google, sehingga berpeluang muncul dalam hasil pencarian pertama. Nah agar artikel yang kamu buat bisa tampil di halaman pertama Google, kamu perlu mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly.

 

Walaupun nggak mudah, bukan berarti menulis artikel SEO friendly sulit dilakukan. Kalau kamu ingin artikelmu banyak dibaca dan muncul di halaman pertama pencarian Google, langsung saja simak cara menulis artikel yang SEO friendly berikut ini.

 

Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly

 

  1. Riset Kata Kunci Yang Tepat Sesuai Target Pembaca

 

Menyesuaikan isi artikel dengan target pembaca perlu kamu lakukan dengan riset kata kunci yang tepat dan sesuai sasaran. Caranya dengan mencari kata kunci yang sesuai dengan topik tulisan. Kamu bisa melakukan riset keyword atau kata kunci dengan cara menuliskan topik konten yang akan kamu tulis di Keyword Tool atau Ubersuggest. Dengan begitu, kamu akan menemukan kata kunci yang sesuai dengan target pembaca.

 

  1. Buat Judul Yang Eye-catching dan Menarik

 

Judul artikel merupakan hal pertama yang akan dibaca saat orang mencari informasi yang dibutuhkannya melalui Google Search. Semakin menarik dan relevan judulnya, semakin tinggi pula kemungkinan pembaca mengkil artikel kamu. Maka dari itu, kamu perlu menyusun judul semenarik mungkin, sehingga artikel kamu dibaca oleh target pembaca yang sesuai.

 

  1. Perhatikan Heading dan Sub-heading Artikel

 

Adanya heading dan sub-heading pada sebuah artikel juga perlu kamu perhatikan sebaik mungkin agar pembaca nyaman membaca artikel yang kamu buat. Biasanya, pembaca tidak akan membaca artikelmu secara detail. Bahkan umumnya, pembaca hanya membaca secara sekilas dan mencari topik utama untuk menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu, perhatikan heading dan sub-heading artikel agar relevan dengan kebutuhan pembaca, sehingga mereka tertarik menyimak setiap paragraf atau rincian dalam artikel.

 

  1. Pastikan Artikel Memiliki Flow dan Storytelling Yang Bagus

 

Kemampuan story telling yang bagus dan menulis dengan flow yang mengalir, merupakan salah satu hal yang perlu kamu kuasai agar artikel yang kamu tulis lebih nyaman dibaca. Caranya, pastikan setiap artikel disusun mulai dari pembuka, isi dan penutup berupa kesimpulan isi bacaan. Dengan begitu, pembaca akan betah berlama-lama menyimak setiap kalimat yang kamu rangkai.

 

  1. Jangan Terlalu Fokus Pada Target Jumlah Kata

 

Artikel dengan bobot konten yang informatif tentu akan lebih menarik dibanding artikel yang hanya dibanjiri pemborosan kalimat atau kata. Dengan pembahasan topik yang ringkas, pembaca akan lebih mudah mencerna isi tulisan yang kamu buat. Jangan lupa gunakan bahasa yang sesuai dengan target pembaca, ya!

 

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly? Buat kamu yang membutuhkan jasa SEO Consultant Agency untuk membantu asset digital kamu secara holistic, percayakan saja pada BIM. BIM merupakan satu-satunya SEO Consultant yang menggunakan metode People Also Asked untuk meningkatkan conversion-rate. Nggak cuma itu, BIM juga menyediakan jasa content marketing dan web development yang bisa buat website kamu menarik pembaca. 

 

Yuk konsultasikan kebutuhan digital kamu dengan BIM untuk mengelola konten biar lebih menarik!

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Baca Juga: